Kamis, 28 Agustus 2008

PANORAMA DANAU SIAIS PULUHAN TAHUN TERABAIKAN


.Danau Siais

Batangtoru,
Danau Siais demikian masyarakat Tapanuliselatan menyebut namanya terletak kuranglebih 47km dari kota Batangtoru menuju arah pantai barat diwilayah Propinsi SumateraUtara . keindahan danau Siais sangatlah berpotensi menjadi objek wisata domestic maupun mancanegara karena potensi yang dimilikinya tidaklah kalah dengan danau singkarak,maninjou yang ada dipropinsi sumatera Barat.bahkan danau toba di parapat di tempat ini banyak menyimpan keunikan seperti dikampung rianiate,Kecamatan angkola barat tapanuliselatan terdapat sungai kecil dekat mesjid masyarakat rianiate yang mana sungai tersebut memiliki ikan jurung yg sudah ratusan tahun tetap berada disungai tsb.jumlahnya sangatlah begitu banyak dan besar.menurut cerita masyarakat rianiate bahwa ikan tersebut sengaja ditebar oleh seorang syeh yg sakti saat itu dan berpesan pada masyarakat bilamana ikan yang disungai ini masih berada dan bertambah maka bolehlah penduduk tetap tinggal dikampung rianite ini tapi kalau ikan tersebut berkurang atau tidak adalagi maka secepatnyalah masyarakat disini agar meninggalkan kampong ini demikian secara singkat cerita ikan jurung tersebut yang dikatakan AB lubis penduduk rianiate pada penulis. Minggu 10/8 . dan ab. Lubis menambahkan keunikan ikan jurung yang ada disungai kecil itu tidak boleh dimakan selama berada disungai dan bila ada yg berani utk memakannya maka harus bertanggung jawab menanggung resikonya sangat membahyakan ujar ab.lubis.
kira kira 5 km dari kampung rianiate baru kita menikmati pemandangan yg indah danau siais yg tampak masih alami penduduk disini dalam kesehariannya berpropesi sebagai penangkap ikan dan menyaleh ikan tangkapan untuk dijual ke berbagai daerah ada lagi tempat yg begitu mempesona dengan keindahan alam air terjun bersar 10 km dari danau siais air terjun mengalir dari ketinggian kurang lebih 200m serta dikelilingi hutan alami yg sangat sejuk bila kita berada ditempat ini dan kalau kita bandingkan air terjun yg ada disiais ini dgn air terjun lembah anai propinsi sumaterabarat tidak kalah potensi keindahannya jadi bila merenungi keindahan alam yg dimiliki kab.tapanuli selatan telah disiasiakan /terabaikan sehingga kekayaan alam ini tidak dapat tersentuh oleh para investor dari luar sangat disayangkan pemerintah pusat /setempat dalam hal ini kabupaten tapanuliseltan mengabaikan keindahan alam yg berpotensi dibidang pariwisata baik domestic atupaun mancanegara .
Saat ini jalan menuju ke danau siais yg telah dilaksanakan oleh pekerjaan umum(Pu) yg baru dikerjakan lebih kurang satu tahun sangat disayangkan bahwa jalan tersebut telah banyak mengalami kerusakan mulai dari simataniari hingga kelokasi danau siais dan sapai saat ini ada satu pembangunan jembatan dekat huta baringin yg pembangunannya masih terkendala dalam hal ini pembangunan jalan tersebut perlu ditinjau ulang pelaksanaan proyek tersebut demi kualitas serta mutu pembangunan jalan yg telah dianggarkan oleh Negara tsb. Bisa dimanpaatkan masyarakat tidak sia sia atau terkesan menghamburkan biaya yg besar bilangannya namun pemanpaatannya Cuma bisa dinikmatidalam waktu yg singkat . ( Samiun siregar/Arifin Sibuea )Foto: Dua Orang Warga Berpose Berlatar belakang Danau Siais,saat ini danau siais belum tersentuh pembangunan,nampak masih asli/alami

13 komentar:

Darojatun on Selasa, 07 Oktober 2008 21.08.00 WIB mengatakan...

tapi sekarang udah bagus kan jalan ke sana. ayo rame-rame ke danau siais.

amook on Selasa, 10 Maret 2009 18.11.00 WIB mengatakan...

Numpang tanya lewat blog ini, ada yang tau cerita di Muara Upu.....mungkin cerita tentang tradisi/budaya dan keindahan pantainya...katanya bagus tuh pantainya....(tks)

bemp on Senin, 23 Maret 2009 22.55.00 WIB mengatakan...

iyah.. udah pernah ke Siais, kebetulan kampung saya di hapesong :D


http://www.bemper.com

sanrie on Rabu, 25 Maret 2009 18.01.00 WIB mengatakan...

keren banget yah pemandangannya apalagi yang pake jacket kuning keren abissss...
ehm...ehm...ehm....CAIR....!!!!!

Arifin sibuea on Sabtu, 11 April 2009 17.22.00 WIB mengatakan...

amok,
Kemana aja sih mok..Muara opu uda lama kita posting.coba cek di daftar isi...
Biar ter_update terus,Silakan ikuti blog ini..klik"ikuti" di atas foto teman2 kt yg uda gabung...

Anonim mengatakan...

salam kenal aku anak batang toru juga,kalo pantai barat sudah di expose blom.

Arifin sibuea on Selasa, 12 Mei 2009 04.01.00 WIB mengatakan...

uda kita posting,silakan klik di label Wisata batangtoru

very podomoro mengatakan...

bwat pemda tlong jalan akses menuju lokka wisatanya di bagusin....

Anonim mengatakan...

Sungguh bagus sekali danau Siais.Saya sangat bangga sebagai putra Kecamatan Batangtoru.Semoga danau tersebut dapat dikembangkan oleh Pemda Kab.Tapanuli Selatan.

Anonim mengatakan...

Madungbia dehe dongan tambang na di Batangtoru i? Madung maroperasi dehe ? Aso mur maribur mada hutattaon.Anggo adong dope pemekaran di Tap-sel, wajar doon sada Kabupaten baru.Usulkon hamu mada dongan, anggo hami di pangarattoan do hami.Mahi tetap berdoa untuk masyarakat Batangtoru.Dao peho Batangtoru anggo roha nami totop do tu ho.horas.

Anonim mengatakan...

Madungbia dehe dongan tambang na di Batangtoru i? Madung maroperasi dehe ? Aso mur maribur mada hutattaon.Anggo adong dope pemekaran di Tap-sel, wajar doon sada Kabupaten baru.Usulkon hamu mada dongan, anggo hami di pangarattoan do hami.Mahi tetap berdoa untuk masyarakat Batangtoru.Dao peho Batangtoru anggo roha nami totop do tu ho.horas.

Anonim mengatakan...

Madungbia dehe dongan tambang na di Batangtoru i? Madung maroperasi dehe ? Aso mur maribur mada hutattaon.Anggo adong dope pemekaran di Tap-sel, wajar doon sada Kabupaten baru.Usulkon hamu mada dongan, anggo hami di pangarattoan do hami.Mahi tetap berdoa untuk masyarakat Batangtoru.Dao peho Batangtoru anggo roha nami totop do tu ho.horas.

Hilman Hasibuan mengatakan...

memang sih danau siais bagus dan cantik tempatnya saya merasa bangga sebagai anak kehairan desa rianiate,,,,oh ya saya merasa bersukur waktu dulu hampir beberapa tahu jalan kesana sempat tertutup dan sekarang uda lancar kembali,,,,dan saran saya kepada para pemimpin kami danau itu harus kita kembangkan.......

Posting Komentar

Silakan Isi komentar anda dengan Sopan,Terimakasih.

 
BATANGTORU HARI INI Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template